-->

Petunjuk Tekis Penyusunan LPJ Laporan Pertanggung Jawaban BOS

Sehubungan dengan kemajuan di dunia pendidikan kususnya di negara Indonesia dan mentinya kita yang baru, di semua sekolah sudah mendapatkan sumber dana Bantuan Oprasional sekolah atau (BOS), Berikut ini mau  saya tulis sedikit &  berbagi sedikit cara Penyusunan (Laporan Pertanggung Jawaban) LPJ BOS yang terkadang sedikit meropotkan, apalagi bagi pemula bendaharawan bantuan oprasional sekolah atau BOS. pasti merasa kebingungan.


Bantuan Oprasional Sekolah yang sering kita sebut  BOS, sekang ini sudah hampir merata ke setiap sekolah di Indonesia raya, gunanya bantuan oprasional sekolah atau BOS ini sangat membantu karyawan atau guru pendidik maupun tenaga kependidikan di sekoah bapak ibu, khususnya bagi para siswa dan siswi untuk kemudia melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi atau ke sekolah jenjang berikutnya.

Alangkah besar dana yang di kucurkan pemerintah kepada setiap sekolah, tidak sedikit, tetapi terkadang masih saja ada yang kurang bersyukur dengan bantuan oprasional ini, setiap para siswa dan siswi menerima bantuan oprasional “BOS” sekolah tidaklah membuat kita heran, dan banyak sekali yang megatakan ini sangat membantu.

Nominal dana yang di terima sekolah dari jumlah siswa yang ada di sekolah, setiap pergantian semester atau tahun ajaran sekolah bisa berubah karena setiap pergantian tahun pelajaran pasti ada siswa yang keluar atau lulus dan pasti ada siswa baru yang masuk sekolah.

Pelaporan dana Bantuan Oprasional Sekolah atau yang sering kita sebut BOS sangatlah penting untuk memberikan laporan kepada pemerintah agar pemerintah tau digunakan untuk apa saja bantuannya, setiap teriwulan atau tiga bulan sekali pasti sekolah melaporkan hasil pengeluaran anggaran sekolah, diantaranya memakai dana bantuan oprasional sekolah atau BOS.

Berikut ini adalah contoh susunan lampiran praktis laporan pertanggungjawaban dana oprasional sekolah BOS yang perlu di susun oleh sekolah:

  1. Kafer laporan
  2. Surat pengantar
  3. Surat pernyataan pertanggung jawaban
  4. Lembar rekening koran dari bank
  5. Lembar K7
  6. Lembar K3
  7. Lembar K4
  8. Lembar K5
  9. Lembar K6
  10. Lembaran bantuan Bos 3 sampai dengan BOS 9 isi yang di perlukan setiap sekolah, ada yang khusus untuk dinas setempat, tim bos kabupaten.
  11. Bukti pengeluaran atau kwitansi di setai BKP
  12. SK Komita Sekolah
  13. SK Bendahara BOS
  14. SK Kepala Sekolah

Cuma itu yang dapat aku tulis, jika semua itu sudah lengkap/cukup tinggal di jilid dan di FC sesuai kebutuhan, Laporan pertanggung jawaban ini sangat menentukan besaran yang di peroleh oleh sekolah. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,

Biasanya kalo saya yang membuat laporan ngga sampe 1 hari dah selesai, asalkan semua data atu rincian sudah lengkap, intinya bendahara rajin dalam pembukuan agar pelaporan dana bos mudah, tidak mikir dua kali.

Juka masih ada yang kurang jelas silahkan tulis di bagian komentar di bawah ini, supaya bisa di perbaiki. dan pembaca tau mana saja yg kurang, demikian harap maklum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel